Dakwaan dan Tuntutan terhadap Para Terdakwa Penyerangan kepada Novel Baswedan

Kata Kunci:

Dakwaan, Tuntutan, Novel Baswedan

Abstrak

Selain diperiksa dengan berkas yang dipisah, surat dakwaan bagi para terdakwa penyerangan kepada Novel Baswedan disusun dalam bentuk subsidaritas. Dapat dimungkinkan, pemecahan berkas perkara menjadi penting apabila dalam perkara tersebut kurang bukti dan kesaksian. Penuntut umum ragu dan tidak berani menentukan secara pasti bahwa akibat itu telah mengena terhadap satu pasal pidana tertentu. Selanjutnya, para terdakwa penyerangan kepada Novel Baswedan dituntut 1 (satu) tahun pidana penjara. Penuntut umum beranggapan, keduanya terbukti melanggar Pasal 353 ayat (2) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Anggapan penuntut umum tersebut kiranya merujuk pada keraguannya dalam perkara tersebut dengan menyusun surat dakwaan berbentuk subsidaritas. Pun, pemecahan berkas perkara yang menandakan kurang bukti.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Effendi, Tolib. Dasar-Dasar Hukum Acara Pidana: Perkembangan Dan Pembaruannya Di Indonesia. Malang: Setara Press, 2014.

Hamzah, Andi. Delik-Delik Tertentu (Speciale Delicten) Di Dalam KUHP. Jakarta: Sinar Grafika, 2010.

Harahap, M. Yahya. Pembahasan Permasalahan Dan Penerapan KUHAP: Penyidikan Dan Penuntutan. Jakarta: Sinar Grafika, 2015.

Lamintang, P.A.F. Delik-Delik Khusus: Kejahatan Terhadap Nyawa, Tubuh, Dan Kesehatan Serta Kejahatan Yang Membahayakan Bagi Nyawa, Tubuh, Dan Kesehatan. Bandung: Bina Cipta, 1986.

Prodjodikoro, Wirjono. Tindak-Tindak Pidana Tertentu Di Indonesia. Bandung: Eresco, 1986.

Rizal, Moch Choirul. Bukan Hanya Prihatin. Temanggung: CV Raditeens, 2016.

Rizal, Moch Choirul. “Kebijakan Hukum Pidana Untuk Penguatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pemberantasan Judicial Corruption Di Indonesia.” In Kumpulan Tulisan Pilihan Pembaruan Peradilan, edited by Indonesian Judicial Reform Forum. Jakarta: Indonesian Judicial Reform Forum, 2018.

Rizal, Moch Choirul. “Kebijakan Hukum Tentang Bantuan Hukum Untuk Pemberantasan Korupsi Di Indonesia.” Al-Jinayah: Jurnal Hukum Pidana Islam 4, no. 1 (2018): 147–171.

Zulkarnain. Praktik Peradilan Pidana: Panduan Praktis Memahami Peradilan Pidana. Malang: Setara Press, 2013.

Diterbitkan

2021-01-25

Cara Mengutip

Dakwaan dan Tuntutan terhadap Para Terdakwa Penyerangan kepada Novel Baswedan. (2021). Jurnal Studi Hukum Pidana, 1(1), 12-23. Diambil dari http://repositori.lshp.or.id/index.php/jurnal/article/view/12

Terbitan

Bagian

Artikel